kata-kata dan enerji

words.jpg

Mohon ijin untuk mulai dengan sebuah kutipan lagi. Baris-baris terakhir dari kutipan di atas ini bilang

Words are energy; use them wisely.

Kalimat pertama: kata-kata adalah energi semakin saya yakini benar adanya. Setidaknya dari pengalaman berproses di Semi Palar sejak tahun 2004, kalimat di atas terasa betul sebagaimana kata-kata yang banyak kita sebut dalam berwacana, dalam berbagai diskusi dan perbincangan, semakin mewujud dalam realita.

Saya ambil contoh, penamaan sekolah kita sebagai Rumah Belajar. Semakin waktu berjalan, semakin kata-kata tersebut terasa nyata, bahwa kita semua di dalamnya tidak berhenti belajar. Apalagi saat kata-kata tersebut kita sebutkan dengan penuh pemaknaan dan penghayatan. Menyebut sebuah kata saja adalah meletakkan pikiran dan kerja jasmani kita ke atasnya. Apalagi kita menempatkan niatan dan memaknai dengan sungguh-sungguh apa yang kita katakan. Secara harfiah kita memang mencurahkan enerji kita terhadap apa yang kita ucapkan. Semakin banyak, semakin kerap, semakin mewujud. Semacam sebuah karma. Tapi itulah bagaimana semesta bekerja.

Seperti halnya kata ‘semesta’ yang saya sebutkan di atas tadi, petualangan teman-teman KPB juga membuktikannya. Sepertinya dimulai  saat teman-teman KPB menamai buku petualangan tahun pertamanya dengan judul ‘Bertumbuh Bersama Semesta’.

Snap 2017-03-22 at 12.55.28.jpg

Di tahun keduanya, KPB menamai ruang belajar dari berbagai narasumber dengan nama Kelas Semesta. Tak dinyana, betapa semesta memang menghadirkan banyak guru luar biasa yang mengisi ruang belajar teman-teman KPB ini juga kita semua di Semi Palar yang berkesempatan hadir di dalamnya melalui Kelas Semesta ini. Kata adalah enerji yang kemudian bisa mewujud.

Yang juga luar biasa adalah bagaimana kata-kata keunikan dan penemuan diri terlihat semakin nyata muncul dan terlihat di teman-teman KPB. Di tahun ke duanya, mereka seakan siap lepas dari orbit dan menemukan jalan mereka masing-masing.  Yang juga menarik adalah bagaimana semesta juga membukakan jalan dan kemungkinan-kemungkinan baru bagi mereka setelah mereka memutuskan untuk keluar dari kotak dan melebur ke dalam ruang belajar tak berbatas yang ditawarkan semesta…

Tulisan ini adalah refleksi pendek dari apa yang sedang banyak terpikirkan saat ini dan apa yang mungkin terjadi ke depan. Semoga kita semua bisa semakin meyakini bagaimana semesta bekerja dan bagaimana kita masing-masing bisa berperan di dalamnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s